Terkini

Pelatihan Koperasi Modern Tingkat Nasional ke-V Yogyakarta 2019

Pelatihan Nasional Koperasi Modern ke 5 Yogyakarta

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pelatihan Nasional (Pelatnas) Koperasi Modern merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan oleh Radian Multi Prima sejak tahun 2015. Agenda ini selalu diselenggarakan untuk meningkatkan pengetahuan tentang perkoperasian, pengetahuan, dan keterampilan para wirausaha baru di bidang teknologi informasi yang terus berkembang setiap tahunnya.

Berbeda dari pelatihan 2016-2017 yang selalu dilaksanakan di wilayah Malang Raya, untuk tahun 2018 pelatihan nasional dilaksanakan di Pulau Dewata Bali. Dan pada tahun 2019 ini dilaksanakan di Daerah Istimewa Yogyakarta. Banyak alasan yang mendasari untuk memilih Daerah Istimewa Yogyakarta sebagai lokasi pelatihan, salah satunya untuk menghadirkan nuansa baru dengan budaya yang kental bagi peserta Pelatihan Nasional Koperasi Modern yang kelima ini.

Pelatihan Nasional Koperasi Modern ke 5 Yogyakarta

Pelatihan Nasional Koperasi Modern 2019 dilaksanakan pada tanggal 17-20 September 2019 bertempat di Neo Malioboro Hotel, dengan jumlah peserta yang terdaftar 62 orang dari 28 koperasi. Kegiatan pertama adalah penjemputan peserta di Bandara Internasional Adisutjipto, Stasiun Yogyakarta mulai Pukul 11.00 WIB. Para peserta yang telah datang diantarkan menuju hotel, kemudian dilakukan pendataan oleh tim, dan setelah itu dipersilakan beristirahat sebelum acara pembukaan pada sore harinya.

Pelatihan Nasional Koperasi Modern ke 5 Yogyakarta

Pembukaan acara pelatnas ini dimulai pukul 19.30, ditadai dengan sambutan Ketua Panitia oleh Bapak Addri Pershance And Taga. Dilanjutkan dengan sambutan sekaligus membuka acara oleh Bapak Ragia M. Gunawan selaku pimpinan Radian Multi Prima. Kemudian diakhiri dengan penyerahan simbolis tanda peserta dan seminar kit sebagai tanda dimulainya acara Pelatihan Nasional Koperasi Modern 2019.

Berbeda dengan hari pertama, agenda pada hari kedua cukup padat dengan beberapa sesi materi pelatihan. Materi pertama adalah Aspek Perpajakan Koperasi yang disampaikan oleh Ibu Nina Fathonah, SE., MSA., BKP., CPA. Pada sesi pertama ini, peserta terlihat sangat tenang meperharikan materi dari pembicara. Dan ketika sesi tanya jawab dibuka, silih berganti peserta mengajukan pertanyaan, ini menandakan jika materi perpajakan masih menjadi primadona dalam setiap pelatihan.

Pelatihan Nasional Koperasi Modern ke 5 Yogyakarta

Materi sesi pertama berakhir pada pukul 10.00 WIB yang dilanjutkan dengan coffe break selama kurang lebih 15 menit. Hal ini dilakukan agar peserta tidak terlalu tegang saat menerima materi yang cukup berat. Materi dari Bu Nina dilanjutkan dengan tema materi yang berbeda namun masih berkitan, untuk sesi kedua ini adalah Rekonsiliasi Fiskal dan
Perhitungan PPh Badan Untuk Koperasi. Sesi kedua ini sama pentingnya dengan sesi pertama, sehingga para pesertapun tampak sangat serius mengikuti. Sesi ini diakhiri pada pukul 12.00 dengan meninggalkan beberapa pertanyaan peserta yang belum sempat terjawab oleh pemateri.


Pelatihan Nasional Koperasi Modern ke 5 Yogyakarta

Setelah menerima materi yang cukup berat, pada materi kedua ini materinya cukup ringan dan menghibur, yaitu materi tentang Customer Service Excellent. Materi ini disampaikan oleh Bapak Sylvester Sudin, MM selaku Ketua Koperasi Sumber Berkat Ruteng dan juga merupakan pembicara yang ulung. Materi ini membahas tentang bagaimana koperasi sebagai sebuah unit dapat memberikan pelayanan yang maksimal kepada anggota. Materi ini sangat relevan dengan peserta, mengingat mayoritas peserta pelatnas adalah pengurus koperasi, yang bersinggungan langsung dengan pelayanan anggota. Sesi terasa begitu fun dan gelak tawa dari para peserta pun pecah ketika beberapa perwakilan peserta ditunjuk maju guna melakukan beberapa role play yang telah dipersiapkan sebelumnyya oleh pemateri.

Pelatihan Nasional Koperasi Modern ke 5 Yogyakarta

Setelah materi demi materi telah selesai disampaikan, tibalah sesi ramah tamah dari Radian Multi Prima. Sesi ini dibagi menjadi dua bagian, pertama yaitu perkenalan seluruh karyawan dari CV. Radian Multi Prima. Sesi ini kami anggap penting mengingat pada tahun ini banyak sekali anggota keluarga baru dari CV. Radian Multi Prima yang harus diperkenalkan secara langsung kepada para peserta. Sesi selanjutnya ada sesi opsional, dimana para peserta yang ingin menanyakan sesuatu yang teknis tengan produk Armadillo secara privat.

Pelatihan Nasional Koperasi Modern ke 5 Yogyakarta

Beranjak ke hari ketiga, agenda hari ketiga diisi dengan tour ke beberapa lokasi wisata yang ada di Yogyakarta, mulai dari wisata budaya hingga wisata alam yang tidak kalah mempesona. Setelah peserta menikmati hidangan sarapan yang telah disiapkan oleh pihak Neo Malioboro Hotel, perserta pun dijemput oleh bus untuk melakukan tour sehari penuh. Tour pun dimulai dengan destinasi pertama adalah Candi Prambanan. Candi Prambanan adalah candi Hindu terbesar di Indonesia sekaligus salah satu candi yang terindah di Asia Tenggara. Menurut prasasti Siwagrha, candi ini mulai dibangun pada masa pemerintahan Rakai Pikatan (pertengahan abad ke-9) dari Kerajaan Mataram Kuno.

Pelatihan Nasional Koperasi Modern ke 5 Yogyakarta

Para peserta pelatnas disuguhkan dengan pemandangan kompleks candi baik itu yang berbentuk utuh maupun reruntuhan. Diperkirakan ada 240 candi besar dan kecil di kompleks Candi Prambanan. Namun, hanya delapan belas candi yang berhasil dipugar, sisanya adalah tumpukan batu yang berserakan. Tiga dari delapan candi utama disebut candi Trimurti (“tiga wujud”), dipersembahkan untuk tiga dewa Hindu tertinggi: Dewa Brahma Sang Pencipta, Wisnu Sang Pemelihara, dan Siwa Sang Pemusnah.

Pelatihan Nasional Koperasi Modern ke 5 Yogyakarta

Puas berfoto dengan backround pemandangan candi yang megah, perjalanan pun dilanjutkan ke destinasi kedua yaitu Pinus Pengger. Hutan Pinus Pengger terletak di Dusun Sendangsari, Desa Terong, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul. Dari kawasan komplek Candi Prambanan, tempat ini berjarak sekitar 24 km dengan waktu tempuh sekitar 40 menit.

Layaknya hutan pinus pada umumnya, Pengger menawarkan pesona hutan pinus yang alami dan asri, lengkap dengan aroma getah pinus yang sangat khas. Di Pengger, peserta berjalan kaki masuk ke hutan yang dipenuhi pohon pinus berukuran tinggi. Karena kerapatan dan ketinggian pohonnya, suasana di sana terasa sangat teduh, bahkan di beberapa titik agak gelap karena cahaya matahari tidak bisa menembus masuk hingga ke bawah.

Pelatihan Nasional Koperasi Modern ke 5 Yogyakarta

Topografi Hutan Pinus Pengger mirip dengan kontur tanah di Puncak Becici yang berbukit. Untuk sampai ke tengah area hutan pinus, peserta harus berjalan kaki melewati anak tangga tanah. Jika musim penghujan tiba, tangga ini akan sangat licin. Selain menikmati kesegaran dan keindahan hutan pinus, wisatawan yang berkunjung ke Pengger juga bisa berswafoto di beberapa lokasi menarik yang sudah dibangun oleh pengelola. Lokasi selfie tersebut antara lain berupa rumah pohon, jembatan kayu dari pohon ke pohon, instalasi seni berupa tangan raksasa dari jalinan kayu, serta lubang raksasa yang menghadap ke arah kota Jogja. Saat malam tiba, wisatawan bisa menyaksikan kerlip lampu kota dari tempat ini.

Setelah wisata budaya dan gunung, ada yang kurang apabila kita ke Yogyakarta tanpa mengunjungi pantainya. Nah, destinasi tempat wisata selanjutnya adalah salah satu pantai yang selain terkenal dengan keindahan sunset nya juga terkenal dengan cerita mistis, yaitu Pantai Parangtritis. Semua orang tentu familiar dengan Pantai Parangtritis. Sebuah destinasi pariwisata yang hukumnya wajib untuk dikunjungi ketika berada di DI Yogyakarta. Lokasinya berjarak kurang lebih 27 kilometer dari pusat kota Jogja.

Pelatihan Nasional Koperasi Modern ke 5 Yogyakarta

Puas menikmati keindahan Pantai Parangtritis, kegiatan tour Pulau Dewata ini diakhiri dengan Gala Dinner di Sky Lounge Neo Malioboro Hotel. Acara gala dinner ini sendiri merupakan satu rangkaian dengan penutupan Pelatnas 2019 yang dikemas secara cozty dan kental akan nuansa pertemanan, persis seperti slogan Armadillo “Berbisnis Dengan Teman”. Rangkaian acara ini dimulai dengan menikmati hidangan yang disiapkan oleh pihak hotel dengan diiringi alunan live music. Setelah peserta menikmati hidangan, acara dilanjutkan dengan penyampaian kesan dan pesan dari perwakilan peserta. Acara dilanjutkan dengan penutupan acara oleh ketua panitia disertai penyerahan cinderamata secara simbolis kepada peserta. Dan acarapun diakhiri dengan ramah tamah, dan karaoke bersama. Terima kasih para peserta Pelatnas 2019, sampai jumpa di acara Pelatnas 2020 mendatang.