Terkini

Pelatihan Nasional Koperasi Modern Indonesia 2017 di Kota Wisata Batu

 

 

Pelatihan Nasional Koperasi Modern adalah kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan oleh Radian Multi Prima, pengembang software Armadillo Accounting. Pelatihan tahun 2017 ini adalah kali ketiga kegiatan ini dilaksanakan. Pelatihan ini diperuntukkan bagi koperasi-koperasi baik yang sudah menerapkan manajemen modern dengan sistem Armadillo Accounting software maupun bagi yang masih baru akan menggunakannya, dengan menyajikan kegiatan pelatihan yang berkualitas, berskala nasional, penuh rasa kekeluargaan antar pengurus dan pengelola koperasi, serta bernuansa wisata di kota sejuk Batu – Jawa Timur.

 

pelatihan nasional koperasi modern 2017 di samara resort kota wisata batu jawa timur

Setelah sukses menyelenggarakan Pelatihan Koperasi Modern Tingkat Nasional selama 2 (dua) tahun berturut-turut, yaitu tahun 2015 di Spencer Green Hotel Kota Wisata Batu Malang dan tahun 2106 di Jambuluwuk Villa and Resort Kota Wisata Batu, tahun 2017 ini Pelatihan Koperasi Modern Tingkat Nasional kembali diadakan oleh Radian Multi Prima di Samara Resort Kota Wisata Batu Malang.
Kembali Kota Wisata Batu dipilih Karena Kota Batu memang masih memiliki daya tarik yang sangat tinggi terutama bagi wisatawan domestik dan memang karena kantor pusat Armadillo berada kota dingin Malang – Jawa Timur. Selain itu memang Jawa Timur masih menjadi provinsi dengan jumlah koperasi terbesar, dari 150.223 jumlah koperasi yang ada di seluruh Indonesia, data di Dinas Koperasi Provinsi Jatim menunjukkan bahwa jumlah koperasi di Provinsi Jawa Timur berjumlah 31.182 koperasi, adapun untuk Kota Malang, Kabupaten Malang, dan Kota Batu jika digabungkan memiliki 2.081 koperasi (data diskopumkm.jatimprov.go.id tahun 2015)
 

pelatihan nasional koperasi modern 2017 di samara resort kota wisata batu jawa timur

Materi Manajemen Usaha Retail Koperasi, disampaikan oleh Bpk. Moh. Ghofirin, S.Pd., M.Pd. yang memang telah banyak berkiprah di dunia koperasi. Mulai dari pengurus Koperasi Civitas Akademica Universitas Negeri Surabaya (UNESA), pengurus Pusat Koperasi Pegawai Negeri Republik Indonesia (PKPRI) Kota Surabaya dan juga sebagai Dosen di Universitas Nahdhatul Ulama Surabaya (UNUSA). Sebagai materi pembuka, Bpk. Ghofirin mampu membuka cara pandang para peserta tentang peluang usaha yang patut dipertimbangkan bagi pengurus maupun pengelola koperasi yang masih belum menjalankan usaha retail sebagai salah satu unit bisnisnya.
 

pelatihan nasional koperasi modern 2017 di samara resort kota wisata batu jawa timur

Akuntansi Perpajakan Koperasi selanjutnya menjadi materi kedua yang disampaikan pada event pelatihan nasional koperasi modern tahun 2017 ini. Bpk. Thoufan Nur, S.E., Ak., M.S.A., C.P.A., C.A., Pimpinan Kantor Akuntan Publik Thoufan dan Rosyid pun hadir sebagai narasumber yang telah berpengalaman mengaudit koperasi-koperasi besar di Jawa Timur. Materi perihal tax planning sangat menarik minat para peserta pelatihan, karena memang pajak seringkali menjadi perihal yang dipermasalahkan di kebanyakan koperasi. Padahal jika pengurus atau pengelola koperasi paham tentang aturan dan prinsip dasar pengenaan pajak, tentunya hal tersebut sudah tidak menjadi hal yang sulit lagi untuk disikapi.
 

pelatihan nasional koperasi modern 2017 di samara resort kota wisata batu jawa timur

Selain materi pelatihan yang bersifat teori, tahun ini tim Armadillo sebagai penyelenggara juga mengundang Bpk. Ali Suhadi, Ketua Koperasi Agro Niaga (KAN) Jabung untuk menyampaikan Success Story KAN Jabung – Malang yang telah sukses menjadi Koperasi Produsen berprestasi terbaik tingkat Nasional pada tahun 2007 & tahun 2013. Semua diceritakan secara mendetail sejak awal pendirian koperasi bahkan saat KAN Jabung mengalami masa-masa sulit sampai dengan masa-masa kebangkitannya kembali. Bagaimana kiat-kiat beliau sehingga bisa membawa KAN Jabung menjadi sukses seperti saat ini.

pelatihan nasional koperasi modern 2017 di samara resort kota wisata batu jawa timur

Hari ketiga, sudah tidak ada lagi materi perkoperasian di dalam conference room hotel. Setelah peserta pelatihan menikmati sarapan di resto samara yang berhadapan dengan kolam renang samara resort yang sangat eksotis. Peserta sudah dijemput dengan bus executive yang akan membawa semua peserta untuk menjalani Agricultural and Industrial Visit ke Kusuma Agrowisata Batu, yang terkenal dengan wisata petik buahnya. Namun untuk kali ini bukan cuma petik buah apel yang akan dinikmati oleh peserta pelatihan, kunjungan industri ke dalam pabrik untuk melihat pembuatan minuman sari apel dan menerima penjelasan tentang bagaimana industri di bidang agribisnis ini dijalankan dari manajemen Kusuma Agrowisata langsung.

pelatihan nasional koperasi modern 2017 di samara resort kota wisata batu jawa timur

Wisata ke Taman Bunga Selecta Batu menjadi tujuan berikutnya peserta pelatihan nasional koperasi modern tahun 2017 kali ini. Selecta adalah tempat wisata yang terletak di perbukitan Kota Batu, merupakan salah satu taman bunga terbesar di Indonesia. Taman wisata yang sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda ini sampai dengan saat ini masih memiliki daya tarik bagi wisatawan baik domestik maupun internasional, terutama karena keindahan alamnya yang sangat mempesona. Tentunya taman wisata selecta saat ini sudah dikembangkan dengan beberapa wahana tambahan seperti sepeda udara, flying fox, waterpark, playground, arena pacuan kuda, dsb. Peserta pelatihan pun terlihat sangat menikmati nuansa liburan yang dihadirkan panitia sebagai penutup kegiatan pelatihan nasional koperasi modern ini.

 

pelatihan nasional koperasi modern 2017 di samara resort kota wisata batu jawa timur

Tidak lengkap rasanya jalan-jalan tanpa berbelanja oleh-oleh, demikian juga peserta pelatihan nasional koperasi modern 2017 ini. Sebelum kembali ke hotel setelah seharian menjalani Batu City Tour dalam agenda enterpreneur and agricultural visit, rombongan peserta transit di pusat oleh-oleh kota Batu untuk membeli buah tangan. Karena memang mayoritas peserta berasal dari luar provinsi Jawa Timur bahkan luar pulau Jawa.

 

pelatihan nasional koperasi modern 2017 di samara resort kota wisata batu jawa timur

Armadillo sebagai Gerakan Komputerisasi Koperasi Indonesia akan selalu berkomitmen untuk meningkatkan kualitas baik dari segi produk dan layanan sebagai penyedia jasa software dan konsultan komputer akuntansi bagi koperasi dan UKM yang sampai dengan tahun ini sudah dipercaya oleh lebih dari 600 koperasi dan UKM dari seluruh penjuru nusantara. Pelatihan Nasional Koperasi Modern yang diagendakan tiap tahun oleh tim Armadillo adalah salah satu wujud nyata dari komitmen yang dicanangkan oleh Armadillo. Bagi Koperasi yang ingin mengikuti agenda pelatihan tahun 2018, silakan untuk menghubungi admin marketing kami agar bisa dihubungi untuk kepesertaan di tahun berikutnya dan tidak terlewatkan momen yang sangat berharga ini.

 

pelatihan nasional koperasi modern 2017 di samara resort kota wisata batu jawa timur

Pelatihan Nasional Koperasi Modern 2017 ini diikuti 47 orang peserta dari 31 Koperasi yang tersebar di berbagai penjuru Indonesia.
KSP Sumber Berkat Flores – NTT, KOPKAR PT.Pasifik Satelit Nusantara – Bekasi, KUD Sumber Rejo Pasuruan, Koperasi Karyawan PT. Krakatau Industrial Estate Cilegon (KOSERA), Kopkar Daruharma LotteMart Sidoarjo, Koperasi Pegawai Negeri Pemko Medan, KPN Karya Husada Baturaja – Dinas Kesehatan OKU Sumsel, Koperasi Konsumen Tanoba Lais Manekat (TLM) – Kupang, KPRI Gotong Royong Surabaya, KPRI Ekaprasetya Gorontalo, Yabima Indonesia – Bima Sejahtera Mandiri Lampung, KUD Sejahtera Sorong – Papua Barat, Kopkar Jayawijaya Mimika – Timika, KPRI Sebimbing Sekundang – Baturaja OKU, Kopkar Barokah Jaya Lestari – PT. Mitra Produksi Sigaret Sampoerna Ploso, KSU Mandiri Rejoso – Pasuruan, KSU Mitra Mandiri Winongan – Pasuruan, KSP Bina Sejahtera Ranggeh – Pasuruan, KSU Mandiri Sumberdawesari – Pasuruan, KUD Dwi Karya Tulungrejo – Banyuwangi, Primkoppol Kotabaru – Kalimantan Selatan, KJKS BMT Sumber Ummat Sejahtera Bojonegoro, Kopkar Mitra Sejahtera PT. Bridgestone Kalimantan Plantation, Primkoppol Sat Brimob Polda Sumut, Kopkar Berkah Sejahtera Mulya Jakarta, KPRI Sewarga Kandangan – HSS Kalsel, KOPERSU RSUD Tgk. Chik Ditiro Sigli – Aceh, Primkoppol Baturaja OKU Sumsel