Terkini

Pelatihan Akuntansi Manual Bagi Pengurus/Pengelola Koperasi di Kabupaten Kutai Timur

Pelatihan Akuntansi Koperasi Bagi Pengurus dan Pengelola Koperasi di Sangatta Kabupaten Kutai Timur dilaksanakan pada tanggal 15 s.d. 18 September 2015 oleh Dinas Koperasi, UKM, dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Kutai Timur dengan mengundang tim Armadillo dari Malang. Bertindak sebagai widyaiswara pelatihan adalah Bpk. M Syauqi Haris, S.Kom dan Bpk. Alan W. Hafiludin, S.Kom yang merupakan tim ahli Armadillo yang seringkali diundang sebagai narasumber pelatihan di berbagai daerah.

Pelatihan akuntansi manual bagi pengelola dan pengurus koperasi di kab kutai timur prov kalimantan timur

Dibuka langsung oleh Kepala Dinas Koperasi, UKM, dan Ekonomi Kreatif Kab. Kutai Timur, Bpk. Drs. M. Husaini, MSi di Aula Kantor Dinas. Kegiatan pelatihan Akuntansi Koperasi Bagi Pengurus dan Pengelola Koperasi di Sangatta Kabupaten Kutai Timur ini dilanjutkan di Hotel Zamrud selama tiga hari. Dengan sasaran peserta pelatihan adalah pengurus dan pengelola koperasi-koperasi yang terbilang cukup baru karena belum setahun beroperasional sehingga belum berpengalaman dalam menyusun laporan maupun mengadakan RAT (Rapat Anggota Tahunan) Koperasi. Sehingga diharapkan setelah selesai mengikuti pelatihan ini, peserta pelatihan khususnya dan koperasi undangan umumnya bisa menyajikan laporan keuangan dengan baik dan benar sesuai standar akuntansi yang berlaku.

Pelatihan akuntansi manual bagi pengelola dan pengurus koperasi di kab kutai timur prov kalimantan timur

Selain peserta dari kota Sangatta sendiri yaitu, Koperasi Manunggal Sejahtera dari Desa Batu Timbau Kec. Batu Ampar, Kopkar SDN 1 Sangatta Utara, Kopkar Kaltim Nusa Etika Sangatta Utara, Koperasi Majai Jaya SDN 9 Sangatta Utara, Koperasi Pamase Sangatta Utara, Koperasi Bauntung Sangatta Utara, Koperasi PKL Serba Usaha Sangatta Utara, Koperasi Jasa Cipta Graha Investama Sangatta Utara. Pelatihan kali ini juga diikuti Koperasi-koperasi baru dari Kecamatan Muara Wahau yaitu Koperasi Met Guen Mandiri dari Desa Nehas Liah Bing, Koperasi Wehes Dun Kembeng dari Desa Nehas Liah Bing, Koperasi Omega dari Desa Nehas Liah Bing, Koperasi Sawit Usaha Tani Sejahtera dari Long Bau, Koperasi Heling Ton Kas dari Desa Nehas Liah Bing, KSU Kel’ean Blom Kejah dari Desa Nehas Liah Bing, Koperasi Deh Blom Mehling dari Desa Benhes.

Pelatihan akuntansi manual bagi pengelola dan pengurus koperasi di kab kutai timur prov kalimantan timur

Selain itu dari Kecamatan Bengalon ada Koperasi Tepian Muara dari Muara Who Kem No, BMT Trans Baiebat Merata Mandiri Desa Tepian Langsat, Koperasi Usaha Bersatu Kalimantan Mandiri desa Sepaso, dan Koperasi Tepian Benderang Desa Tepian Langsat. Dan dari Kecamatan Sandaran ada Koperasi Dugai Jaya Mandiri dari Desa Manubar dan Koperasi Rimba Jaya dari Desa Rimba Hijau. Koperasi Jamhin Sejahtera Desa Miau dan Koperasi Produsen Naptui Indah Desa Miau baru dari Kecamatan Kongbeng. Koperasi Mandu Sejahtera Desa Mandu dan Koperasi Mitra Usaha Pulau Miang dari Kecamatan Sangkulirang. Koperasi Gerba Perdu dari Desa Karangan Hilir Kec. Karangan, Koperasi Jasa Mitra Jaya dari Kec. Rantau Pulung, KSU Karya Prima Nusantara dari Bumi Etam Kec. Kaubun, dan Koperasi Ternak Mandiri dari Desa Suka Rahmat Kec. Teluk Pandan juga hadir sebagai peserta pelatihan kali ini.

Pelatihan akuntansi manual bagi pengelola dan pengurus koperasi di kab kutai timur prov kalimantan timur

Pada hari pertama dijelaskan tentang SAK ETAP untuk Koperasi dan Pedoman Akuntansi Koperasi sesuai dengan Peraturan Menteri Koperasi No. 04 tahun 2012 yang merupakan penyederhanaan kembali dari SAK ETAP dan penyesuaiannya ketika diterapkan pada laporan keuangan Koperasi. Pemberian materi ini dimaksudkan untuk memperkenalkan akuntansi standar bagi pelaporan koperasi yang berlaku saat ini, Namun karena mayoritas peserta adalah dari koperasi yang baru berdiri dan minim pengetahuan akan akuntansi, maka Tim Armadillo sebagai narasumber berinisiatif mengubah metode pelatihan menjadi lebih interaktif dan lebih mendasar.

Pelatihan akuntansi manual bagi pengelola dan pengurus koperasi di kab kutai timur prov kalimantan timur

Pada hari kedua dijelaskan tentang dasar-dasar akuntansi mulai dari pengertian akun, debet, kredit, persamaan dasar akuntansi dan saldo normal. Media papan tulis dengan ilustrasi yang mudah diingat dan praktis menjadi jurus utama bagi tim Armadillo yang memang sudah terbiasa menerapkan akuntansi praktis. Peserta pelatihan yang mayoritas berlatar belakang petani sawit ini pun sedikit demi sedikit mulai bisa memahami dan mengerti proses pembukuan akuntansi keuangan koperasi setelah dipertegas dengan contoh kasus dan pembahasan alur akuntansi mulai dari analisa transaksi menjadi jurnal, merekapnya ke buku besar, membuat neraca saldo, memindahkan ke kertas kerja atau neraca lajur, sampai dengan laporan posisi keuangan dan laporan perhitungan hasil usaha atau laporan laba rugi.

Pelatihan akuntansi manual bagi pengelola dan pengurus koperasi di kab kutai timur prov kalimantan timur

Pada hari ketiga kegiatan pelatihan dilanjutkan dengan mereview contoh kasus dan penyelesaian pada hari kedua yang dilanjutkan dengan penerapan akuntansi komputer untuk penyelesaian contoh kasus yang sama. Hal ini dimaksudkan agar peserta pelatihan mengetahui dan memiliki wawasan terhadap komputer akuntansi koperasi dengan menggunakan Software Armadillo yang dengan otomatis memproses alur akuntansi secara sistematis dan otomatis mulai dari jurnal sampai dengan laporan keuangan setiap saat diinput transaksi sehingga laporan keuangan yang valid bisa diketahui kapan saja dibutuhkan.

Pelatihan akuntansi manual bagi pengelola dan pengurus koperasi di kab kutai timur prov kalimantan timur

Diharapkan untuk koperasi yang sudah memiliki kebutuhan dan kemampuan untuk menerapkan komputer akuntansi agar segera mengaplikasikannya demi keamanan data dan kenyamanan operasional. Karena mayoritas koperasi yang menggunakan system tidak sejak dini baru menyadari pentingnya system komputer akuntansi yang terintegrasi setelah terjadi kegagalan system manual ataupun koperasi yang sudah menggunakan system komputer selain Armadillo yangi tidak terintegrasi dengan jurnal akuntansi otomatis sampai dengan laporan keuangan sehingga terjadi dualisme data yang akhirnya merepotkan ketika akan dilakukan pembenahan system oleh tenaga IT maupun akuntansi yang kurang berpengalaman menangani koperasi bermasalah.

Pelatihan akuntansi manual bagi pengelola dan pengurus koperasi di kab kutai timur prov kalimantan timur

Kegiatan Pelatihan Akuntansi ini adalah pertama kalinya Tim Armadillo menjadi Narasumber di Kabupaten Kutai Timur – Provinsi Kalimantan Timur setelah sebelumnya sering diundang menjadi Narasumber di berbagai daerah di luar Pulau Jawa seperti Ogan Komering Ulu (Baturaja) dan Musi Banyuasin (Sekayu) Provinsi Sumatera Selatan, Kabupaten Tanjung Jabung Provinsi Jambi, Lampung, Provinsi Kalimantan Selatan, Gorontalo, dan Kupang – Nusa Tenggara Timur. Direncanakan kegiatan lanjutan akan diagendakan di tahun berikutnya untuk melangkah ke proses komputerisasi akuntansi koperasi secara langsung sehingga hasilnya lebih efektif. Inisiaif dari Dinas Koperasi, UKM, dan Ekonomi Kreatif Kab. Kutai Timur ini patut diapresiasi dan mendapat dukungan penuh dari kementrian untuk bisa diadakan di daerah lainnya demi terciptanya koperasi modern yang ideal dengan keadaan saat ini.
[haris]