Terkini

Outing Tim Armadillo Snorkeling di Pulau Menjangan Bali Barat

Hai sobat Armadillo, kali ini melalui tulisan ini kita akan menceritakan tentang kegiatan outing dari tim Armadillo Accounting bulan lalu. Kegiatan ini merupakan agenda rutin tahunan dari perusahaan kami “Radian Multi Prima Malang”. Karena di setiap perusahaan atau organisasi pasti mempunyai kegiatan yang memiliki tujuan untuk melepaskan kepenatan dan kejenuhan dari rutinitas kerja sehari-hari.

Oh iyah, tempat tujuan outing kami kali ini adalah wisata alam nan indah dan eksotic. Tempat itu adalah pulau menjangan, sebuah pulau kecil yang terletak di sebelah utara pulau Bali. Tempat ini merupakan bagian dari Taman Nasional Bali Barat. “Menjangan” dalam bahasa setempat berarti “rusa/kijang”. “Mengapa bisa seperti itu namanya ???” tenang, saya akan menjelaskannya di paragraf selanjutnya hehehe.

Outing Tim Armadillo Snorkeling di Pulau Menjangan Bali Barat

Pulau Menjangan adalah definisi sempurna dari keindahan alam bawah laut Bali bagian Barat. Terletak sekira 10 km di lepas pantai Barat Laut Bali, pulau kecil Menjangan merupakan bagian dari Taman Nasional Bali Barat (TNBB). Tempat ini dinamakan pulau menjangan dikarenakan pulau ini dihuni oleh makhluk yang bernama menjangan (rusa/kijang) liar yang cukup banyak. Banyak wisatawan yang belum tau tentang pulau ini. Kebanyakan yang mengetahui adalah wisatawan yang hobi diving ataupun snorkeling. Saya rasa sudah cukup pengenalan tentang pulau Menjangan.

Outing Tim Armadillo Snorkeling di Pulau Menjangan Bali Barat

Sesuai agenda yang telah disepakati bersama, meeting point kita pada tanggal 31 mei 2015 di depan sebuah minimarket di area terminal Arjosari Malang. Dari sini saja aura keseruan sudah mulai terasa saat semua tim sudah berkumpul dan melakukan foto foto. Terlihat dari foto-foto kami yang menunjukkan wajah bahagia ria ? .Ketika waktu menunjukkan pukul 06.00 pagi, semua tim dan travel sudah berkumpul semua. Dan yang membuat kami lebih bahagia lagi adalah outing tahun ini di ikuti oleh semua karyawan radian multi prima tanpa terkecuali.

Outing Tim Armadillo Snorkeling di Pulau Menjangan Bali Barat

Kami bertolak dari Malang sekitar pukul 06.30 pagi menggunakan kendaraan ELF. Perjalanan pun pasti memakan waktu yang lama. Entah saat itu pukul berapa kita akhirnya berhenti sebuah rumah makan yang cukup terkenal di daerah Probolinggo yaitu “Warung Nguling”. Kabarnya pejabat-pejabat negara dan Bapak Presiden RI seringkali singgah ke tempat ini untuk menikmati rawon yang legendaris ini.
Kami pun memesan berbagai makan yang tentunya sangat lezat untuk dihabiskan. Padahal saat pertama baru masuk di rumah makan tersebut, kami kebingungan karena kehabisan tempat duduk. Akhirnya oleh salah satu karyawan rawon nguling kita dicarikan tempat yang bisa dibilang VIP coy ? (keren gak tuh). Setelah makanan sudah dihidangkan, kami pun langsung menyantapnya tanpa belas kasihan.

Outing Tim Armadillo Snorkeling di Pulau Menjangan Bali Barat

Setelah selesai makan kami pun melanjutkan perjalanan yang cukup jauh itu lagi. Tapi perbedaannya sekarang perjalanan kita dilakukan dengan perut yang sudah kenyang. Tak lama setelah melanjutkan perjalanan kami cukup terkejut dengan pemandangan pantai Pasir Putih di Situbondo yang begitu indah. Sehingga kami pun berhenti sejenak, sekedar waktu coffee break bagi driver dan tour leader yang membawa kami menuju pulau Menjangan kali ini. Kami pun menikmati pemandangan pantai tersebut. Tidak ketinggalan kami juga berfoto-foto karena memang sudah jadi tradisi kalau rekreasi tidak lengkap tanpa berfoto ?.

Outing Tim Armadillo Snorkeling di Pulau Menjangan Bali Barat

Sekitar pukul 11.00 siang kami melanjutkan perjalanan menuju hotel Ketapang Indah. Tidak ada cerita yang cukup seru selama perjalanan, karena sebagian teman-teman tertidur pulas. Tapi sekitar pukul 13.35 kami turun di Restoran watudodol Banyuwangi untuk makan siang. Ternyata restoran Watudodol memiliki pemandangan yang indah dibelakang restoran. Sambil menunggu makanan pesanan kami datang, kami berfoto di halaman belakang restoran yang indah. Selesai makan kami pun langsung melanjutkan perjalanan ke hotel ketapang indah. Ternyata perjalanan dari restoran watu dodol menuju hotel ketapang indah cukup dekat. Kami hanya menghabiskan waktu sekitar 15 menitan sob.

Outing Tim Armadillo Snorkeling di Pulau Menjangan Bali Barat

Sesampainya di hotel kita langsung Check in ke kamar masing-masing. Tapi kita tidak langsung istirahat, melainkan kami langsung bersiap menuju ke kolam renang untuk pemanasan berenang sebelum kegiatan snorkeling esok hari. Setelah selesai berenang kami kembali ke kamar kami masing-masing untuk mandi dan ganti pakaian. Karena kami harus bersiap untuk makan malam diluar hotel, karena kami ingin suasana lain saat makan malam. Akhirnya kami pun berangkat menuju sebuah depot ikan bakar di tengah kota Banyuwangi sekalian cari tempat untuk membeli oleh-oleh buat keluarga di rumah. Kami pun memesan ikan bakar, dan betapa terkejutnya saya ketika pesanan makanan kami tiba. Ikan bakar yang lezat dan wow besar banget ikannya, saya tidak akan bisa menghabiskannya sendirian hehe. Kami pun makan dengan lahapnya dan benar-benar cita rasa yang sangat lezat.

Outing Tim Armadillo Snorkeling di Pulau Menjangan Bali Barat

Setelah selesai makan malam, kami kembali lagi ke hotel untuk istirahat. Keeseokan harinya kami check out sekitar pukul 09.00 pagi. Tentunya setelah menikmati menu sarapan pagi di hotel Ketapang Indah yang sangat memanjakan lidah dan perut ?. Kemudian kami langsung menuju ke pelabuhan kecil di pantai Watudodol tempat penyeberangan ke Pulau Menjangan. Di tempat penyeberangan tersebut kami menyelesaikan administrasi dan asuransi, masing-masing kami pun mendapatkan alat untuk snorekeling beserta pelampung. Tak lupa penjaga pantai yang ada memberikan briefing singkat tentang keberadaan Pulau Menjangan dan berpesan untuk menjaga kelestariannya, dilarang berbuat kerusakan biota yang ada di sana, sampah juga harus dibawa kembali karena tidak diperbolehkan membuang sampah di Pulau Menjangan.

Outing Tim Armadillo Snorkeling di Pulau Menjangan Bali Barat

Kami pun mulai menaiki perahu yang digunakan perjalanan menuju pulau menjangan. Ternyata perjalanannya memakan waktu sekitar 1 jam. Cukup lama, namun sepanjang perjalanan kami disuguhi indahnya warna biru laut selat bali yang sangat tenang karena cuaca cerah saat itu. Meskipun ada salah satu dari tim kami yang mabuk laut saat perjalanan menuju pulau menjangan. Tapi dia cukup tangguh untuk menyembunyikan bahwa dia mabuk laut hehe. Setelah satu jam perjalanan menggunakan perahu, kami pun akhirnya sampai di pulau menjangan. Tanpa basa basi lagi kita langsung mengambil peralatan snorkeling kita dan memakainya kemudian langsung melompat ke air. Padahal tidak semua tim kami bisa berenang hanya beberapa orang saja. Tapi kami menggunakan pelampung, jadi aman coy.
Oh iyah hampir lupa, pulau menjangan ini keren banget deh. Keindahan bawah lautnya gak kalah ama yang dari karimun jawa sob. Kerennya gak bisa dijelasin dengan kata-kata kalau gak di buktikan sendiri. Saat makan siang di Pulau Menjangan kami mendapat kejutan lagi, yaitu tiba-tiba seekor menjangan betina datang menghampiri kami. Ternyata keren juga menjangan yang masih liar itu ?. Waktu menunjukkan sekitar pukul 14.00 sore, kami pun bergegas untuk kembali lagi ke pelabuhan keberangkatan tadi. Untuk perjalanan pulang kembali ke kota Malang tercinta. Perjalanan melalui laut membutuhkan waktu 1 jam lagi. Dan kami harus bersabar karena ombak semakin besar saja. Setelah kami sampai di pelabuhan, kami pun langsung mandi dan segera melanjutkan perjalanan pulang ke Malang.
[ikhfandi]