Terkini

Berbuka Puasa Bersama Panti Asuhan Arba’Adiwiyoto Pakisaji Malang

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah. Salah satu cara kita memanfaatkan bulan suci ini ialah dengan berbagi. Seperti firman Allah dalm surat An-Nisaa’ 4:2 “Dan berikanlah kepada anak-anak yatim (yang sudah baligh) harta mereka, jangan kamu menukar yang baik dengan yang buruk dan jangan kamu makan harta mereka bersama hartamu. Sesungguhnya tindakan-tindakan (menukar dan memakan) itu, adalah dosa yang besar”. Dalam harta yang kita miliki juga terdapat hak anak yatim. Oleh sebab itu, kita dianjurkan untuk menyantuninya.

Buka Bersama Panti Asuhan Arba’wiyoto Pakisaji Malang

CV.Radian Multi Prima bersyukur untuk tahun ini masih bisa berjumpa lagi dengan bulan ramadhan 1436 H. seperti tahun-tahun sebelumnya agenda rutin kita ialah melakukan buka bersama dengan anak yatim yang kebetulan untuk tahun ini bertempat di panti asuhan Arba’Wiyoto Pakisaji. Terdapat 45 anak yatim dengan kisaran umur 5 tahun – 17 tahun baik laki-laki maupun perempuan dalam panti asuhan ini. Acara buka bersama ini diadakan pada tanggal 14 ramadhan. Alhamduliiah acara berjalan sesuai dengan agenda.

Buka Bersama Panti Asuhan Arba’wiyoto Pakisaji Malang

Tim Armadillo tiba di panti asuhan Arba’Wiyoto pada pukul 16.30 WIB. Di sana kita langsung bagi tugas (MC, Pemandu games, Menyiapkan takjil). Tepat pukul 16.40 acara dimulai (sambutan dari panti asuhan dan dari Armadillo). Setelah sambutan, dilanjutkan dengan kuis/games yang sebelumnya telah disiapkan oleh Tim Armadillo.

Buka Bersama Panti Asuhan Arba’wiyoto Pakisaji Malang

Games berisikan dengan pertanyaan-pertanyaan yang bersifat agamis. Melihat antusiasme para anak-anak ketika mendapatkan hadiah menjadi kepuasaan tersendiri bagi kami. Ada pertanyaan dari Tim Armadillo yang membuat suasana menjadi lucu “Siapa Nabi yang dimakan hiu?”. Kemudian ada salah satu anak yang menyelatuk “Emang ada Nabi yang dimakan hiu?bukannya ikan paus ya kak”. Sang pemandu games jadi salah tingkah dikarenakan pertanyaan yang diberikan salah. Namun, pertanyaan tersebut malah mencairkan suasana menjadi lebih fun.

Buka Bersama Panti Asuhan Arba’wiyoto Pakisaji Malang

Sekitar pukul 17.25 WIB games berakhir, dan dilanjutkan dengan tausiyah yang diisi oleh ustadz dari pihak panti asuhan sampai adzan maghrib berkumandang (berdurasi sekitar 5 menit). Ketika mendengarkan adzan kami langsung membagikan takjil (Es buah+kurma) ke para anak-anak dan pengurus panti. Kemudian dilanjutkan dengan sholat maghrib berjamaah.

Buka bersama dengan menu utama pun dimulai pasca sholat maghrib berjamaah. Acara ini juga dimanfaatkan untuk bercengkrama dengan anak-anak yatim. Adanya hal tersebut membuka hal-hal baru, yang awalnya kita tidak tau menjadi tau. Setelah perut terisi penuh, tiba pada penghujung acara yakni perpisahan (berjabat tangan dan sesi foto bersama). Sungguh mengharukan ketika anak-anak yatim pada sesi acara ini menyanyikan lagu perpisahan dan ucapan terima kasih. Satu hal yang pasti di mana ada pertemuan di situ pasti ada perpisahan. Semoga kita dapat berjumpa lagi di lain waktu (Allahummaamin).

Buka Bersama Panti Asuhan Arba’wiyoto Pakisaji Malang

Tepat pukul 18.25 WIB kita pulang menuju kediaman masing-masing, dan keesokan harinya kita beraktivitas seperti biasanya. Dengan adanya acara tersebut (berbagi) banyak hikmah yang kita ambil, yang salah satunya ialah bersyukur atas apa yang telah kita miliki. Semoga kita masih diberikan waktu untuk dipertemukan di bulan ramadhan 1437 H. (Allahummaamin).