Terkini

Pelatihan Software Koperasi bagi Pengurus & Pengelola Koperasi di Kab. Kotabaru Kalsel Tahun 2014

Kota baru gunungnya bamega…

Bamega umbak manampur di sala karang…

Umbak manampur di sala karang…

Batamu lawanlah adinda…

Adinda iman di dada rasa malayang…

Iman di dada rasa malayang…

Kotabaru merupakan salah satu kabupaten di provinsi Kalimantan Selatan. Meskipun kabupaten ini terletak diujung kepulauan timur Kalimantan Selatan dan ibukota kabupatennya terpisah dari daratan Kalimantan, namun kabupaten kotabaru merupakan salah satu kabupaten yang sangat maju dengan didukung oleh sumber daya alam yang sangat berlimpah, baik material tambang batubara, kapur gamping, biji besi dan emas maupun sumber daya alam kelautan/perikanan, pertanian dan kehutanan dengan kontribusi devisa bagi negara yang cukup besar.

Bimbingan teknis software koperasi bagi pengurus pengelola dinas koperasi kabupaten kotabaru kalimantan selatan

Pada tanggal 19 – 21 Juni 2014 dilaksanakan sebuah kegiatan bimtek yang diadakan oleh Dinas Koperasi Kabupaten Kotabaru dimana kegiatan tersebut merupakan kelanjutan dari kegiatan bimtek sebelumnya di tahun 2012. Kegiatan ini merupakan salah satu upaya Dinas Koperasi setempat untuk memajukan usaha koperasi agar menjadi lebih kompeten dan mampu bersaing dibidang usahanya. Pada kegiatan bimtek kali ini dihadiri tiga koperasi yang terpilih untuk mendapatkan hibah aplikasi dari pemerintah daerah. Selain tiga koperasi yang mendapatkan hibah tersebut, pada bimtek kali ini juga dihadiri oleh koperasi lain yang pada tahun lalu sudah mendapatkan hibah.

Bimbingan teknis software koperasi bagi pengurus pengelola dinas koperasi kabupaten kotabaru kalimantan selatan

Koperasi-koperasi tersebut mendapatkan Software Armadillo Accounting dan Cashier yang bisa diaplikasikan untuk usaha waserda atau toko swalayan koperasi sehingga diharapkan mampu bersaing dengan minimarket retail modern yang ada saat ini. Sedangkan untuk usaha Simpan Pinjam, koperasi mendapatkan aplikasi Armadillo Simpan Pinjam dan Armadillo SMS Instan. Dengan kedua software ini, selain mampu mengakomodasi semua jenis transaksi yang ada pada usaha simpan pinjam sampai dengan laporan keuangan otomatis, juga bisa memberikan pelayanan informasi saldo simpanan, saldo pinjaman, dan data keuangan anggota lengkap via SMS. Termasuk juga pengiriman tagihan jatuh tempo secara massal, informasi mutasi rekening massal, dsb bisa dilakukan secara otomatis oleh sistem dengan efektif dan efisien dalam segi waktu maupun biaya.

Bimbingan teknis software koperasi bagi pengurus pengelola dinas koperasi kabupaten kotabaru kalimantan selatan

Pada hari pertama acara bimtek diawali dengan perkenalan baik dari pihak koperasi maupun pemberi materi. Sebagai narasumber pemberi materi, hadir Bpk. Syauqi Haris, S.Kom dan Bpk. Choirul Fatra Nugraha, A.Md dari kota Malang Jawa Timur. Kedua narasumber adalah konsultan ahli komputerisasi koperasi yang diundang oleh Dinas Koperasi Kabupaten Kotabaru. Perkenalan ini juga sekaligus menjadi sebuah ajang konsultasi untuk “mensorting” usaha koperasi-koperasi peserta bintek yang hadir tersebut memiliki bidang usaha apa saja yang aktif baik itu simpan pinjam, dagang atau jasa.

Bimbingan teknis software koperasi bagi pengurus pengelola dinas koperasi kabupaten kotabaru kalimantan selatan

Pada hari kedua acara diisi dengan mengimplementasikan data masing-masing koperasi yang sudah disiapkan dan langsung dimasukkan pada aplikasi sesuai dengan jenis usahanya masing-masing. Proses bimtek berjalan cukup baik, dikarenakan peserta yang hadir langsung membawa data pendukung yang ada, kemudian permasalahan-permasalahan yang ada langsung didiskusikan secara langsung. Sehingga diharapkan setelah selesai kegiatan pelatihan ini, koperasi yang mendapatakan software aplikasi komputer akuntansi koperasi ini dapat langsung mengimplementasikan bagi kegiatan sehari-hari di tempatnya masing-masing.

Bimbingan teknis software koperasi bagi pengurus pengelola dinas koperasi kabupaten kotabaru kalimantan selatan

Pada hari terakhir acara bimtek diisi dengan sesi Tanya jawab mengenai masalah yang dihadapi dan bagamana menanganinya. Selain materi dari tim ahli Armadillo dari Malang, instruktur dari dinas koperasi setempat juga memberikan materi pemantapan bintek agar koperasi-koperasi peserta kegiatan memiliki semangat yang kuat untuk mendukung jalannya proses pemutakhiran sistem manajemen pencatatan keuangan dan pelaporan keuangan koperasi yang berbasis IT. Atas niat mulia dari Pemerintah Daerah Kabupaten Kotabaru pada umumnya dan Dinas Koperasi Kotabaru pada khususnya, tim Armadillo dari Malang pun memberikan tropi vandal penghargaan kepada Kepala Dinas atas dukungannya untuk mensukseskan Armadillo sebagai Gerakan Komputerisasi Koperasi Indonesia. [Irul/Haris]