Terkini

Acara Buka Puasa Bersama Anak Yatim di Pondok Al-Amin Kab.Malang Ramadhan 1434 H

Dari Sahl bin Sa’ ad, Rasulullah bersabda, “Aku dan orang yang menyantuni anak yatim di dalam surga seperti ini”, kemudian beliau mendekatkan antara telunjuk dan jari tengahnya.” (HR Bukhari)

acara buka puasa bersama ramadhan 1434 h di pondok anak yatim al-amin kabupaten malang

Pondok anak yatim dan yatim piatu Al-Amin, menurut cerita Bpk. H. Abdurrahman yang menjadi penasehat dan pembimbing, pondok ini sudah ada sejak tahun 1999 namun baru diresmikan dengan akta notaris pada tahun 2001. Pondok ini juga didirikan secara independen, tidak dibawah naungan organisasi lain. Ke depannya pondok ini diharapkan bisa dikelola secara mandiri oleh para santri yang ada saat ini. Jadi selama hampir 14 tahun pondok ini beroperasi, misi kaderisasi untuk menjadikan santriwan dan santriwati sebagai pengurus pondok adalah yang paling utama.

acara buka puasa bersama ramadhan 1434 h di pondok anak yatim al-amin kabupaten malang

Saat ini terdapat 52 santri yang ada di pondok Al-Amin, mulai dari yang paling kecil berusia 3 tahun namun ada juga yang sudah menginjak bangku SMK. Santri-santri tersebut memang tinggal dan menetap di pondok, akan tetapi di siang harinya mereka tetap menempuh pendidikan formal di sekolah maupun madrasah yang sudah bekerjasama dengan Al-Amin. Hal ini diharapkan agar para santri tetap mendapatkan ijazah formal agar bisa melanjutkan sekolah atau kuliah di kemudian harinya.

acara buka puasa bersama ramadhan 1434 h di pondok anak yatim al-amin kabupaten malang

Pondok yang berlokasi di pinggir Jalan Raya Bugis No.31 Kecamatan Pakis Kabupaten Malang ini diketuai oleh Ust. Drs. Dono Rosyidin. Beliau juga termasuk salah satu pendiri pondok ini. Ketika ditanya perihal santri-santri yang ada di Al-Amin, beliau banyak bercerita tentang bagaimana anak-anak yatim dan yatim piatu tersebut bisa sampai di Al-Amin. Kebanyakan memang karena rekomendasi dari rekan-rekan sesama ustadz maupun informasi dari sanak kerabat maupun tetangga yang mengetahui ada anak yatim atau yatim piatu yang patut untuk dirawat.

Pada hari Rabu tanggal 24 Juli 2013, Alhamdulillah tim kantor Radian Multi Prima, mendapatkan kesempatan istimewa untuk bisa berbuka puasa bersama adik-adik santriwan dan santriwati di pondok Al-Amin. Sambutan yang diberikan pun cukup meriah, melihat wajah adik-adik santri yang begitu ceria sungguh sangat membangkitkan semangat kami. Tidak pantaslah kita yang masih memiliki orang tua untuk berkeluh kesah karena sesungguhnya orangtua adalah ladang beramal bagi kita.

Tiba waktu adzan Maghrib sore itu, kami bersama mengucapkan doa berbuka puasa dan menikmati takjil berupa kurma dan es doger. Setelah selesai shalat Maghrib berjamaah di ruangan sholat, kami pun kembali ke aula pondok untuk menikmati hidangan utama buka puasa. Menu yang ada pun menjadi bertambah nikmat karena perasaan kita bisa berbagi, semoga nikmat ini pula lah yang dirasakan oleh adik-adik santri Al-Amin juga.

Acara pun dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Pondok, Bpk. Drs. Dono Rosyidin dan Bpk, gunawan, Pimpinan Radian Multi Prima, kemudian ditutup dengan doa oleh Bpk. H. Abdurrahman. Mendekati waktu Isya’ kami pun berpamitan, acara salam-salaman dan foto bersama menjadi acara pamungkas di malam itu. Semoga kita semua bisa mengambil hikmah dari kegiatan yang dilaksanakan di bulan yang penuh berkah ini dan semoga masa depan yang cerah bisa digapai oleh adik-adik santri di Al-Amin.