Terkini

Pelatihan Armadillo di Bank Indonesia Banjarmasin untuk Koperasi Program Klaster Padi Lokal Kabupaten Barito Kuala

Program Klaster Padi Lokal adalah salah satu program dari Bank Indonesia Banjarmasin untuk mengembangkan produksi petani padi di provinsi Kalimantan Selatan umumnya dan di kecamatan Anjir Pasar khususnya sebagai daerah penghasil padi lokal terbesar di Kalsel.

 Pelatihan armadillo untuk koperasi klaster padi lokal di bank indonesia Banjarmasin

Bantuan oleh Bank Indonesia Banjarmasin dikucurkan pada KUD Tani Sepakat sebagai koperasi kelompok petani padi di kecamatan Anjir Pasar dengan jumlah anggota kurang lebih 400 petani padi lokal. Penyaluran bantuan melalui koperasi dilakukan oleh Bank Indonesia Banjarmasin karena koperasi adalah soko guru perekonomian masyarakat, khususnya petani padi lokal yang menjadi target utama dari program klaster padi lokal ini.

 Pelatihan armadillo untuk koperasi klaster padi lokal di bank indonesia Banjarmasin

KUD Tani Sepakat menerima bantuan yang salah satunya berupa perangkat komputer built-up terbaru beserta semua software original di dalamnya, termasuk Software Armadillo yang nantinya akan diaplikasikan pada usaha simpan pinjam KUD Tani Sepakat dan usaha giling padi (MRU) serta unit toko yang ke depannya akan dikembangkan. Oleh karena itu, materi pelatihan kali ini ditekankan pada cara operasional software Armadillo Simpan Pinjam dan Armadillo Accounting serta Armadillo Cashier.

 Pelatihan armadillo untuk koperasi klaster padi lokal di bank indonesia Banjarmasin

Pelatihan yang berlangsung selama 3 (tiga) hari, yaitu pada tanggal 29 November sampai dengan 1 Desember 2011, dibuka oleh Bpk. Arif Nazarudin, analis madya Bank Indonesia, bertempat di aula pertemuan lt.4 gedung Bank Indonesia di Jln. Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pelatihan dimulai tiap harinya pada pukul 09.00 WITA dan selesai pada pukul 16.00 WITA.

Peserta pelatihan total adalah 14 orang peserta. 5 orang pengurus dan pengelola KUD Tani Sepakat dari Desa Anjir Seberang Pasar – Kecamatan Anjir Pasar – Kabupaten Barito Kuala dan Seorang perwakilan dari Dinas Koperasi Provinsi Kalimantan Selatan. 2 orang perwakilan dari Dinas Koperasi Kabupaten Barito Kuala. Seorang perwakilan dari LPM Universitas Lambung Mangkurat, Seorang perwakilan dari Mahasiswa Fisip Univ. Lambung Mangkurat, 2 orang perwakilan dari Kelompok Tani Mutiara Kec. Anjir Pasar. Dan tidak ketinggalan 2 orang perwakilan dari Bank Indonesia Banjarmasin.

Dalam kurun waktu tiga hari pelatihan, Bpk. Syauqi Haris, instruktur Armadillo Accounting dari Malang-Jatim berusaha untuk memberikan materi dengan sebaik-baiknya dengan metode presentasi dilanjutkan praktek langsung operasional software untuk menyelesaikan beberapa contoh kasus. Mengingat materi yang harus diberikan sangatlah banyak maka materi pun dikhususkan pada fitur yang aplikatif saja nantinya di KUD Tani Sepakat. Meskipun materi yang diperoleh tidak mendalam, tapi setelah pelatihan diharapkan KUD Tani Sepakat bisa langsung menerapkan sistem komputerisasi dengan baik.