Terkini

PENGENALAN SISTEM AKUNTANSI KOMPUTER DI DINAS KOPERASI PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR

Nusa Tenggara Timur telah dicanangkan sebagai Provinsi Koperasi, oleh karena itu segala upaya dilakukan oleh Dinas Koperasi Provinsi untuk memajukan koperasi termasuk dengan mengenalkan sistem akuntansi komputer guna efektivitas pencatatan akuntansi dan efisiensi waktu dalam pembuatan laporan keuangan.

 pengenalan sistem  akuntansi komputer di dinas koperasi provinsi nusa tenggara timur

Maka pada tanggal 7 April 2011, Bertempat di Aula pertemuan Kantor Dinas Koperasi Provinsi Nusa Tenggara Timur, diadakan acara seminar Pengenalan Sistem Akuntansi Komputer untuk Koperasi. Adapun pesertanya adaah sekitar 40 orang perwakilan dari koperasi-koperasi di kota Kupang dan sekitarnya.

pengenalan sistem  akuntansi komputer di dinas koperasi provinsi nusa tenggara timur

Pada hari dilangsungkannya seminar ini, Kepala Dinas Koperasi Provinsi NTT, Bpk.Paulus R.Tadung sedang berhalangan karena sedang ada kunjungan ke daerah, maka acara dibuka oleh Bpk.Joseph Mure, Sekretaris Dinas Koperasi Provinsi Nusa Tenggara Timur. Adapun sebagai narasumber adalah Bpk.Wijono dari Widyaiswara Balatkop Jatim dan Bpk.Haris dari Radian System Consultant (pengembang software Armadillo Accounting).

Kegiatan seminar yang berlangsung mulai pukul 08.00 WITA sampai dengan 12.00 WITA diawali dengan pengenalan definisi dan alur akuntansi computer oleh Bpk.Wijono yang menjelaskan bagaimana transaksi dalam suatu system itu diproses sehingga bisa menghasilkan laporan keuangan secara otomatis. Dilanjutkan dengan demo langsung pengoperasian software Armadillo Simpan Pinjam oleh Bpk.Haris yang disambut dengan antusias oleh peserta seminar yang hadir.

pengenalan sistem  akuntansi komputer di dinas koperasi provinsi nusa tenggara timur

Pada saat demo software dilakukan, para peserta banyak melontarkan pertanyaan terutama masalah yang dihadapi di koperasinya masing-masing, mereka ingin tahu apakah dengan komputerisasi system akuntansi bisa memberi solusi terhadap masalah tersebut. Dikarenakan pengalaman dan jam terbang yang tinggi dari narasumber dalam menangani ratusan koperasi, maka semua pertanyaan yang dilontarkan oleh peserta seminar bisa dipuaskan dengan jawaban secara teknikal dan manajerial tentunya dengan menggunakan program armadillo accounting sebagai pendukung keputusannya.

Setelah menjadi narasumber dalam seminar ini, Bpk.Wijono langsung bertolak ke Jawa Timur untuk menjadi instruktur dalam pelatihan lainnya, dan Bpk.Haris tim dari Armadillo Accounting kembali melanjutkan tugas melakukan training dan implementasi Armadillo untuk komputerisasi sistem di Koperasi Pegawai Telkom (KOPEGTEL) Kupang untuk unit simpan pinjam dan tokonya.