Terkini

Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan Dengan Program Akuntansi Koperasi Kab.Probolinggo

Sebagai tindak lanjut dari pelatihan komputer akuntansi usaha simpan pinjam koperasi oleh Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Probolinggo pada Oktober 2009 yang telah lalu, maka tahun ini diadakan pelatihan lanjutan yang bertema Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan Melalui Program Akuntansi Bagi Pengurus Koperasi. Tema Pelaporan keuangan dipilih mengingat pentingnya evaluasi tri wulan yang saat ini harus dipenuhi oleh tiap-tiap Badan Usaha Koperasi kepada Dinas Koperasi.

Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan Koperasi Kabupaten Probolinggo

Pelatihan yang berlangsung selama 3 hari, yaitu pada tanggal 14-16 Desember 2010, bertempat di Hotel Panorama Jaya Probolinggo dengan peserta sebanyak 20 Orang yang terdiri dari perwakilan koperasi-koperasi yang ada dalam wilayah Kabupaten Probolinggo. Adapun beberapa koperasi yang diundang untuk mengikuti pelatihan ini diantaranya adalah KPRI Perkasa, KPRI Sehat Sumberasih, Kopwan Dahlia, KSP Jaya Makmur Abadi, KPRI DIPERTA, KPRI Bayu, PKPRI Probolinggo, KSU Global Sejahtera, KSU Sumber Jaya Abadi, KSP Delta Pratama, KSU Bina Karya, Koppontren Al-Mashduqiyah, KSP Bina Mandiri, Kopkar PG. Gending.

 Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan Koperasi Kabupaten Probolinggo

Selama pelatihan, pemberian materi dilakukan mulai pagi pukul 08.00 WIB sampai dengan sore pukul 16.30 WIB kemudian dilanjutkan pada malam harinya setelah makan malam yaitu pukul 19.00 WIB sampai dengan 21.00 WIB, terkecuali pada hari terakhir di mana pelatihan hanya sampai setengah hari dan dilanjutkan dengan prosesi penutupan kegiatan oleh panitia penyelenggara. Mengingat pelatihan yang berlangsung sampai dengan malam hari dan daerah asal peserta tersebar se-Kabupaten Probolinggo, maka oleh Dinas Koperasi disediakan fasilitas kamar penginapan selama 3 hari 2 malam di Hotel Panorama Jaya ini.

 Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan Koperasi Kabupaten Probolinggo

Kegiatan ini merupakan penegasan atas kepercayaan Dinas Koperasi Kabupaten Probolinggo kepada Tim Armadillo Accounting System karena telah dipercaya lagi untuk menjadi instruktur dalam pelatihan peningkatan SDM koperasi di wilayahnya untuk yang kedua kalinya. Setelah sebelumnya Dinas Koperasi Kota Probolinggo dan Kota Mojokerto juga telah mengadakan kegiatan serupa selama 2 tahun berturut-turut maka Dinas Koperasi Kabupaten Probolinggo juga tidak mau ketinggalan.

Sebagaimana pelatihan sebelumnya dan pelatihan lainnya oleh Tim Armadillo, maka animo peserta tak kunjung surut sampai di hari terakhir pelatihan. Pemberian materi yang atraktif dan interaktif oleh Tim Trainer Armadillo, dalam hal ini adalah Bpk. Syauqi Haris dan Bpk. Herman Bagoes serta Bpk.Wijono dari Widyaiswara Balatkop Malang, mampu meningkatkan antusiasme peserta. Prinsip pelatihan yang mengacu pada deliverabilitas materi membuat adanya beberapa materi yang belum tersampaikan dikarenakan keterbatasan waktu. Namun, hubungan dan kedekatan yang terbina antara peserta dan instruktur tetap terjaga, terbukti dengan masih adanya interaksi dan tanya jawab pasca pelatihan.