Terkini

Bimbingan Teknis Sosialisasi Teknologi Modern Bagi Pertokoan Ritel Koperasi Kota Tuban

Bintek Penyebaran/Sosialisasi Pola Teknologi Modern Bagi Pengurus/Pengelola Pertokoan Ritel Koperasi adalah tema pelatihan yang diadakan oleh Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi Kota Tuban pada Tanggal 29-30 September 2010. Pelatihan ini bertempat di Meeting Room Hotel Mustika Jln. Teuku Umar Tuban, yang memang sering digunakan untuk mengadakan seminar maupun pelatihan sejenisnya.

Pelatihan atau Bintek yang diikuti oleh 70 koperasi dari Kota Tuban ini dibuka oleh Drs. Fatoni dengan sambutannya untuk mewakili Kadin yang pada hari itu berhalangan untuk hadir. Adapun dari 70 koperasi yang hadir adalah koperasi-koperasi dengan unit usaha yang berbeda-beda mulai dari pengusaha atau pengelola ritel, sampai dengan pengurus KPRI dan KSU seluruh wilayah Tuban.

Sosialisasi yang dilakukan oleh Dinas Koperasi Kota Tuban ini adalah wujud nyata dari kepedulian pemerintah daerah dalam rangka meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai teknologi komputerisasi untuk meningkatkan usaha Koperasi yang merupakan soko perekonomian masyarakat Indonesia pada umumnya dan masyarakat wilayah Tuban dan sekitarnya pada khususnya.

 Bintek Penyebaran/Sosialisasi Pola Teknologi Modern Bagi Pengurus/Pengelola Pertokoan Ritel Koperasi

Bpk. Sis sebagai Ketua Pelaksana Bintek mengundang Bpk. Gunawan dan Bpk. Wiyono dari Radian, untuk mengenalkan suatu teknologi aplikatif dalam menjalankan usaha di jaman modern seperti saat ini, yang tidak lain adalah komputerisasi akuntansi menggunakan Armadillo Accounting System. Bagi tim Armadillo, hal ini bukanlah untuk yang pertama kalinya sosialisasi di Kota Tuban, karena sudah ada beberapa Koperasi di wilayah Tuban yang memang sudah menggunakan Armadillo Accounting System, khususnya Armadillo Simpan Pinjam.

Bintek ini dilaksanakan selama dua hari, dengan alokasi materi dan waktu yang cukup padat dan berbobot. Di hari pertama contohnya, dikenalkan metode perhitungan akuntansi yang sesuai dengan PSAK 27 yang memang dikhususkan untuk koperasi. Hal ini meliputi teori perhitungan secara Accrual dan Cash Basis dan bagaimana implementasinya dalam usaha koperasi. Dalam hal manajemen persediaan dan perhitungan laba dikenalkan pula metode perhitungan physical dan perpetual dan implementasinya tentunya. Tak terlewatkan pula metode perhitungan HPP dengan sistem FIFO, LIFO, dan average yang tidak luput dari bahasan di hari pertama pelaksanaan.

 Bintek Penyebaran/Sosialisasi Pola Teknologi Modern Bagi Pengurus/Pengelola Pertokoan Ritel Koperasi

Menjelang malam hari, masih pada hari pertama, peserta dikenalkan pada sistem Armadillo. Dimulai dengan hal yang paling mendasar yaitu proses instalasi dengan menggunakan CD demo yang diberikan serta melakukan setting database dan pengaturan dasar lainnya. Sampai pada pukul 9 malam akhirnya peserta diberi kesempatan untuk beristirahat dan menyiapkan diri untuk pelatihan di esok harinya.

 Bintek Penyebaran/Sosialisasi Pola Teknologi Modern Bagi Pengurus/Pengelola Pertokoan Ritel Koperasi

Pada hari kedua, dimulai jam 08.00 pagi sampai 12.00 siang ditempat yang sama. Kali ini sistem Armadillo Accounting dijalankan mulai dari membuat data persediaan, membuat data pemasok, melakukan transaksi pembelian, menganalisa neraca dll. namun karena keterbatasan waktu maka materi lainnya tidak bisa diberikan terperinci hanya point-point penting saja. Sementara materi tingkat lanjut seperti order dan retur baik penjualan dan pembelian, management hutang piutang, management persediaan (costing-assembling) hanya bisa diperkenalkan secara sekilas saja.

Di akhir acara hanya puji syukur alhamdulilah yang bisa terucap, semoga ada manfaat dari sosialisasi ini, diharapkan para peserta bias mendapatkan tambahan wawasan dan diharapkan pada nantinya bisa menggunakan Armadillo Accounting System dengan baik.