Terkini

Pelatihan dan Pendidikan Perkoperasian Dekopinda Kota Surabaya

Dalam rangka peringatan hari koperasi yang ke-63, Dewan Koperasi Indonesia Daerah (DEKOPINDA) Kota Surabaya pada tanggal 3-4 Agustus 2010, mengadakan suatu pelatihan bagi beberapa koperasi yang ada di Kota Surabaya. Adapun pelatihan yang bertempat di lab komputer Fakultas Ekonomi Universitas Muhamamdiyah Surabaya ini bertajuk “Pelatihan dan Pendidikan Perkoperasian Dekopinda Kota Surabaya”.

Pelatihan dan Pendidikan Perkoperasian Dekopinda Kota Surabaya

Pelatihan ini diikuti oleh 18 koperasi yaitu, KPRI Karya Sejahtera, Kopwan Waspada, KPRI Binatera, Kopkar Suryasari, KPRI Bahagia Jaya, Koperasi KB PT.Pal, Koperasi Usila Jaya, Kopka Vicos, Primkopal Kolatmar, Kopkar Spindo, Kopkar Perum Damri, RSAL, KSU Kalimasada, Primkopol Restabes, Primkopal AAL, KSU Pakis Mandiri, Kopertis Wil.VII, dan KPRI Karya Dwija Tama. Adapun Tim Armadillo hadir atas undangan dari panitia pelatihan yaitu pihak Dekopinda Kota Surabaya.

Pelatihan dan Pendidikan Perkoperasian Dekopinda Kota Surabaya

Team Armadillo Accounting yaitu Bpk. Haris beserta Bpk. Ghofirin dari Reaksi Computer Surabaya dan Dewan Koperasi Indonesia Daerah Kota Surabaya yang bertidak sebagai instruktur pelatihan yang didanai oleh Dekopinda ini, memberikan materi mulai dari pagi jam 9 sampai dengan jam 4 sore. Diawali dengan pengantar komputer akuntansi koperasi oleh Bpk. Ghofirin kemudian dilanjutkan ke materi utama yaitu komputer akuntansi koperasi simpan pinjam dengan menggunakan Armadillo Simpan Pinjam oleh Bpk. Haris.

Pelatihan dan Pendidikan Perkoperasian Dekopinda Kota Surabaya

Dalam pelatihan ini, disampaikan berbagai metode otomatisasi transaksi, di mana tiap transaksi yang dilakukan oleh user program, bisa langsung menjadi suatu jurnal akuntansi dan berpengaruh pada laporan keuangan secara langsung. Selain transaksi untuk anggota perorangan, juga disampaikan materi tentang bagaimana cara melakukan transaksi secara massal, seperti posting simpanan wajib anggota, posting jasa simpanan anggota, posting angsuran pinjaman anggota, dan transaksi-transaksi lain yang bersifat massal dan tentunya sangat berguna bagi koperasi karyawan ataupun koperasi lain yang menerapkan sistem potong gaji.

Antusiasme peserta yang tinggi ditunjukkan dengan banyaknya pertanyaan yang muncul dari para peserta. Rata-rata pertanyaan yang diajukan adalah permasalahan yang dialami di koperasi masing-masing, dan dari sekian pertanyaan yang muncul team kami mampu menjawabnya dengan baik dan memberikan solusi-solusi dengan sistem yang terkomputerisasi.