Terkini

Pelatihan Komputer Akuntansi pada usaha simpan pinjam Dinas Koperasi Kab. Probolinggo

Pada tanggal 27 sampai dengan 29 oktober 2009, Dinas Koperasi Kabupaten Probolinggo bekerjasama dengan Widyaiswara Balatkop Jawa Timur, mengadakan Pelatihan Komputer Akuntansi dengan peserta pelatihan terdiri dari 30 orang yang merupakan perwakilan dari berbagai jenis koperasi di Kabupaten Probolinggo mulai dari KSP, KSU, USP KUD, USP KPRI, USP KOPKAR, USP PRIMKOPAD, dan lain-lain.

pelatihan armadillo simpan pinjam dengan kabupaten probolinggo

Adapun para pemateri pada pelatihan ini adalah dari widyaiswara Balai Latihan Koperasi Jawa Timur yang mengajarkan akuntansi secara manual dan team Radian yang mengajarkan akuntansi secara komputernya menggunakan Armadillo Simpan Pinjam.

Diantara para peserta, ternyata ada yang sudah lama memakai program Armadillo Simpan Pinjam karena termasuk dalam jajaran USP Integrasi Puskud Jatim yaitu USP Kud Tani Putra dan USP Kud Subur yang berada di Kabupaten Probolinggo.

armadillo dan dinas koperasi dan ukm probolinggo

Selama tiga hari pelatihan, materi yang diberikan pada hari pertama adalah tentang akuntansi secara manual, baru pada hari kedua dan ketiga baru menginjak pada pelatihan akuntansi komputer menggunakan program Armadillo Simpan Pinjam. Penting untuk mengetahui mengenai akuntansi manualnya terlebih dahulu karena meskipun menggunakan Armadillo Simpan Pinjam sudah menghasilkan jurnal secara otomatis, akan tetapi seorang user juga harus tahu bahwa jurnal yang dihasilkan sudah benar atau salah dan apa pengaruhnya pada laporan rugi laba dan neraca.

peserta pelatihan armadillo simpan pinjam probolinggo

Dalam pendidikan dan pelatihan ini, peserta memperoleh berbagai pengetahuan tentang menjalankan akuntansi koperasi terkomputerisasi menggunakan program Armadillo Simpan Pinjam. Selain itu, pengetahuan akuntansi mengenai setup daftar akun/perkiraan, perbandingan metode bunga pinjaman accruel dan cash-basis, perhitungan bunga pinjaman flat, rc, dan efektif, penghitungan bunga simpanan metode saldo minimum dan saldo rata-rata, juga dipelajari ulang dan diulas penerapannya dalam komputer akuntansi.

Meskipun sama-sama menjalankan usaha simpan pinjam akan tetapi Karena jenis koperasi yang berbeda beda , maka pertanyaan yang diajukan selama proses pelatihan ini juga bervariasi,sebagi contoh cara menjalankan usaha simpan pinjam pada KSP tidak sama dengan cara menjalankan usaha simpan pinjam pada KPRI yang nota bene melakukan potong gaji.

Pelatihan ini berlokasi di meeting room Hotel Sukapura Permai. Hotel yang terletak di lereng gunung Bromo ini sengat cocok untuk menjadi tempat diadakannya pelatihan seperti ini, karena selain suasana yang nyaman, udara pegunungan yang sejuk sangat terasa saat berada di ruangan pelatihan sehingga peserta tetap antusias untuk mengikuti pelatihan meskipun dengan jadwal yang intens mulai pagi sampai malam hari.