Terkini

Pelatihan Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi Dinas Koperasi dan UKM Kota Mojokerto

Dinas Koperasi dan UKM Kota Mojokerto sebagai pelaksana Pendidikan Dan Pelatihan Penggunaan Program Sistem Informasi Akuntansi Koperasi ini mengundang 50 peserta yang merupakan perwakilan dari 25 KSP dan USP Koperasi di Kota Mojokerto yang masing-masing mendelegasikan 2 orang, jadi total 50 orang peserta. Adapun tim pengajar adalah 2 orang instruktur Armadillo dari Radian Multi Prima dan 1 orang Widyaiswara Balatkop Malang.

armadillo simpan pinjam dengan koperasi kota mojokerto

Pelatihan yang dibuka oleh Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Mojokerto ini, dilaksanakan pada tanggal 22 sampai dengan 25 juni 2009 yang bertempat di laboratorium komputer SMPN 9 Kota Mojokerto dan dilaksanakan setiap harinya mulai jam 8 pagi sampai jam 4 sore.

Pelaksanaan pelatihan ini dilatarbelakangi sosialisasi peraturan Menteri Negara Koperasi dan UKM No.19 Tahun 2008 tentang pedoman pelaksanaan usaha simpan pinjam oleh koperasi, peraturan Menteri Negara Koperasi dan UKM No.20 Tahun 2008 tentang Pedoman penilaian kesehatan koperasi simpan pinjam dan unit simpan pinjam koperasi dan peraturan Menteri Negara Koperasi dan UKM No.21 Tahun 2008 tentang Pedoman pengawasan koperasi simpan pinjam dan unit simpan pinjam koperasi.

armadillo dan dinas koperasi dan ukm kota mojokerto

Dengan harapan agar proses pelatihan lebih efektif dan optimal maka pelatihan dilaksanakan dalam dua gelombang karena jumlah perangkat komputer yang ada tidak bisa mengakomodasi seluruh peserta jika dilaksanakan satu gelombang saja. Selain itu, diharapkan peserta bisa saling melengkapi pengetahuan yang diperoleh rekan se-koperasi yang juga mengikuti pelatihan pada gelombang yang berlainan.

peserta pelatihan armadillo simpan pinjam

Dalam pendidikan dan pelatihan ini, peserta memperoleh berbagai pengetahuan tentang menjalankan akuntansi koperasi terkomputerisasi menggunakan program Armadillo Simpan Pinjam. Selain itu, pengetahuan akuntansi mengenai setup daftar akun/perkiraan, perbandingan metode bunga pinjaman accruel dan cash-basis, perhitungan bunga pinjaman flat, rc, dan efektif, penghitungan bunga simpanan metode saldo minimum dan saldo rata-rata, juga dipelajari ulang dan diulas penerapannya dalam komputer akuntansi.

peserta pelatihan armadillo simpan pinjam

Dengan pelatihan metode praktek langsung menjalankan aplikasi ini, diharapkan peserta bisa lebih memahami tentang pentingnya komputerisasi akuntansi pada koperasi. Kemudahan dalam pelaporan dan efisiensi pembukuan diharapkan dapat menghindarkan koperasi terhadap kesalahan pancatatan manual yang sering terjadi karena validitas entry menjadi mudah dilacak jika diketahui ada kesalahan.

Pada hari terakhir, team dari Armadillo juga mempresentasikan produk terbarunya yaitu SMS Banking Koperasi. Dengan program ini, nasabah koperasi bisa mengetahui saldo simpanan dan sisa pokok pinjamannya dengan mudah melalui media SMS. Peserta pelatihan juga mencoba langsung implementasi dari SMS Banking Koperasi ini dengan mendaftarkan nomornya pada database Armadillo kemudian melakukan pengecekan saldo melalui SMS.

Selama empat hari pelatihan, animo peserta sangatlah tinggi, sehingga proses pelatihan dapat berjalan dengan baik dan sukses. Setelah mengikuti pelatihan ini, setiap peserta yang masing-masing juga telah memiliki CD demo Armadillo diharapkan bisa berbagi pengetahuan dengan teman seprofesi tentang standar komputerisasi akuntansi keuangan terutama dengan menggunakan Armadillo Simpan Pinjam.