Terkini

Presentasi pengenalan Armadillo System pada Koperasi di Lumajang

Pada tanggal 24 Januari 2006, Radian Multi Prima mengadakan presentasi pengenalan system Armadillo pada Koperasi-koperasi yang ada di Kota Lumajang Jawa Timur.

Undangan yang diberikan dari Dinas koperasi Lumajang sejumlah 20 Undangan dan dalam pelaksanaannya Presentasi itu dihadiri seluruh undangan, baik Koperasi Simpan Pinjam, KPRI maupun KUD. Hal ini membuktikan antusiasme masyarakat Lumajang (khususnya lingkup koperasi) terhadap kemajuan IT (Komputerisasi) itu sangat besar. Presentasi diadakan di Kantor Dinas Koperasi Lumajang dengan Penyaji terdiri dari tiga orang yaitu, Bp Hadi (Ka Sub Din) Bp Wijono (BalatKop Malang) dan Bp Gunawan (Radian Multi Prima).

Secara umum presentasi tersebut membahas mengenai pentingnya komputerisasi untuk diterapkan di usaha Koperasi. Dengan adanya komputerisasi maka pengendalian intern lebih bisa di terapkan dan mempercepat proses pembuatan laporan.

Selama acara berlansung didalamnya juga terdapat tanya jawab antara Undangan (Audience ) dengan pihak penyaji. Hal-hal yang dibahas cukup menarik karena sebagian dari pihak undangan sudah pernah / sedang menjalankan system komputerisasi. Adapun point-point yang di bahas dalam diskusi tersebut antara lain:

  1. perhitungan bunga didalam system
  2. system implementasi
  3. jaminan maintenance
  4. upgradeable?
  5. Kesiapan sebelum komputerisasi
  • Perhitungan bunga didalam system Armadillo.

System armadillo memungkinkan kita melakukan perhitungan bunga untuk semua nasabah dengan hanya menggukan satu kali klik. Artinya selama proses pemasukan data awal benar maka pada setiap akhjir bulan, operator tinggal melakukan proses posting bunga maka pada masing-masing kartu peminjam sudah terdapat tambahan tagihan bunga dan sudah terdapat jurnal yang berimbas pada laporan keuangan
System Implementasi.

Dalam proses pendampingan salah satu peserta menanyakan berapa lama waktu yang diberikan untuk proses pendampingan. Pihak radian melakukan pendampingan dalam kurun waktu yang disesuaikan dengan tingkat kebutuhan pekerjaan. Artinya dalam proses implementasi terdapat tahapan-tahapan yang harus dijalankan, setiap tahapan itu pihak radian akan mendampingi klient dalam menjalankan tahapan demi tahapan.

  • Jaminan Maintenance.

Ditanyakan mengenai jaminan maintenace karena selama ini system yang diterapkan di beberapa koperasi sudah tidak terdapat jaminan maintenance (Ditinggal programmernya). Dikarenakan sebagian system yang ada dikerjakan oleh perorangan, sehingga apabila orang tersebut tidak ada maka jaminan akan putus, diharapkan dengan adanya radian multi prima sebagai penyedia software maka bentuk kerjasamnya adalah antara company to company, sehingga dimasa datang jaminan maintenance akan lebih terjaga.

  • Upgradeable?

Peserta menanyakan apakah jika dalam implementasi nantinya terdapat masalah-masalah yang membutuhkan pengembangan program, apakah pihak Radian bisa melakukan. Sebagai jawaban maka pihak Radian menyanggupi adanya perubahan sepanjang perubahan tersebut bersifat umum ( bisa digunakan oleh kopersi lain)

  • Kesiapan sebelum komputeriasi

Dibahas juga di dalam presentasi tersebut mngenai kesiapan sebelum komputerisasi di dalam koperasi:

Adapun kesiapannya meliputi :

– Kesiapan Data

– Kesiapan Hardware

– Kesiapan SDM

– Kesiapan Biaya